Pages

Label

Tags:

Kamis, 21 Juni 2012

Menang, Bokap FC Puncaki Klasemen

Melakoni partai ke-duanya, Akas Fc harus mengakui keunggulan Bokap Fc dengan skor 3-2. Dengan kemenangan ini, Bokap Fc untuk sementara memimpin klasemen dengan poin 6, hasil dua kali menang di dua laganya.
Bisa dibilang ini laga big match-nya KFC League U-16. Kekuatan kedua tim ini memang berimbang, baik dari postur tubuh maupun skill masing-masing pemainnya, tinggal ramuan strategi masing-masing pelatihnya.

Babak pertama, nyaris tidak terlihat ada dominasi dari salah satu tim. Kedua tim terlihat memilih menunggu tim lawan keluar menyerang untuk kemudian melakukan serangan balik, nyaris tidak ada peluang berarti dari kedua tim setidaknya sampai menit ke-10.
"Kami tidak mau ambil resiko, dimenit-menit awal memang kami menunggu lawan naik menyerang, untuk kemudian kami menyerang balik, sayang lawan tidak terpancing", ungkap Dhanny, pelatih Bokap Fc.
"Mau tidak mau kami harus mengambil inisiatif, Nico Gocink yang tadinya gelandang bertahan saya fungsikan menjadi gelandang serang untuk menambah daya dobrak", kata Dhanny menambahkan.

Memang ada perubahan setelahnya, trio lini tengah Bokap Fc yang berisikan Andi, Nico Gocink dan Dedy Tetong berlahan-lahan mulai bisa menguasai lini tengah. Alhasil, Trian Janu striker Bokap Fc  yang dipasang sebagai striker tunggal dalam formasi 3-3-1 beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Akas Fc. Hingga akhirnya tepat seperempat waktu pertandingan berjalan, Trian Janu berhasil memanfaatkan kemelut didepan gawang Akas Fc menjadi gol, skor 1-0 Bokap Fc memimpin.

Akas Fc semakin tertekan, tidak maksimalnya lini tengah benar-benar berakibat vatal. Mereka seperti kehilangan daya dobrak.
"Striker kami kurang suplai bola, lini tengah tidak berfungsi maksimal. Keputusan menurunkan dua striker di depan ternyata tidak efektif",  aku pelatih tim Akas Fc, Ari Budi.

Formasi 3-2-2 dengan dua gelandang sentral yang diperagakan tim Akas Fc memang tidak berjalan maksimal.  Mereka terlihat kesulitan mengimbangi tiga gelandang Bokap Fc yang memainkan bola-bola pendek teratur disertai overlap kedua bek Bokap Fc.
Pelatih Akas Fc rupanya cukup jeli memanfaatkan celah. Melihat dua bek sayap Bokap Fc sering keluar meninggalkan posnya, ia menginstruksikan anak buahnya untuk menyerang lewat sayap. Efektif. Keterlambatan Kiki turun membantu pertahanan harus dibayar mahal, karena dari sektor yang ditinggalkan Kiki inilah serangan Akas Fc berbuah gol yang dicetak Andika, 1-1 Akas Fc menyeimbangkan kedudukan.
Sayang, skor ini tidak bertahan lama. Tiga menit setelah gol Andika tercipta, Trian Janu membuat penonton bersorak riuh lewat gol yang ia ciptakan tepat di menit ke-24, 2-1 Bokap Fc kembali memimpin.
Dewi fortuna tampaknya sedang tidak berpihak pada kubu Akas Fc. Berawal dari pelanggaran di sektor kiri pertahanan Akas Fc, Nico Gocink sebagai eksekutor free kick, memilih untuk mengarahkan bola langsung ke gawang lawan, dan gol!
Bokap Fc sukses menambah keunggulan menjadi 3-1, dua menit sebelum masa rehat.


Andika, pemain yang bersinar di KFC League U-16

Menyadari kalah di lini tengah, Akas Fc memainkan bola-bola panjang di babak kedua. Hasilnya? tidak sepenuhnya efektif. Bokap Fc punya bek jangkung Dhenny Jinggrink yang berdiri tepat di jantung pertahanan. Umpan-umpan panjang yang diperagakan para pemain Akas Fc seringkali mentah oleh pemain ini. Memang, posturnya yang tinggi memungkinkan untuknya memenangi duel-duel udara. Tapi, strategi ini setidaknya sukses meredam dominasi lini tengah Bokap Fc. Nico Gocink yang tadinya fokus membantu serangan, mau tidak mau harus turun membantu pertahanan, dominasi lini tengah Bokap Fc tidak terlihat lagi.

Melihat intensitas serangan Akas Fc yang mulai meningkat, Dhanny meresponnya dengan memasukan Febry Butut Sajojo menggantikan Indra.
"Saya terkejut saat pelatih Bokap Fc memutuskan menarik Indra yang berposisi sebagai bek, dan memasukan Febry Butut Sajojo, seorang striker. Dalam posisi unggul 2 gol dan serangan lawan semakin tinggi, ini tidaklah ideal", kata Mas Apri "Martha Jipenk", pemain senior KFC mengomentari pergantian pemain di kubu Bokap Fc.

Tapi bukan pelatih namanya kalo tidak kaya dengan strategi. Memang yang dimasukkan adalah seorang striker, tapi dalam prakteknya, Nico Gocink yang berpostur lebih tinggi dari Indra ditugasi untuk menggantikan peran Indra sebagai bek kiri (untuk mengantisipasi long pass). Sedangkan Febry Butut yang murni striker, menggantikan posisi Trian Janu yang posisinya sedikit lebih dimundurkan. Pun demikian dengan Dedy Tetong, tugasnya sekarang mengisi pos yang ditinggalkan Nico Gocink sebagai gelandang bertahan, ia berdiri sejajar dengan Andi tepat di depan lini bertahan Bokap Fc. Sehingga formasi Bokap Fc menjadi 3-2-1-1.
Formasi bertahan bukan?
Jenius.

Formasi ini terbukti ampuh. Memang skor akhir 3-2, itupun dari situasi bola mati akibat dari blunder kiper Bokap Fc.
Artinya, secara open play, formasi Bokap Fc nyaris tidak tertembus oleh serangan-serangan Long pass kubu Akas Fc.

"Akas Fc tim kuat, sulit mengalahkan mereka, tapi sekarang kamilah pemimpin klasemen", komentar Dhanny tanpa bisa menyembunyikan kegembiraannya usai Bokap Fc berhasil meraup poin penuh dan memimpin klasemen sementara.

Dan partai berikutnya akan mempertemukan West Kamp Vs MU. Kedua tim sama-sama mengalami kekalahan pada pertandingan pertama mereka.
Patut ditunggu.



Match statistic:

Wasit              : Keyta "Toyo" Mihero.
Hakim Garis 1: Bagus Isnandri.
Hakim Garis 2: Davit Davonsoro.

Akas Fc starting line up:
Anggi (GK), Tofik, Andika, Riyanto, Wahyu, Risky, Dedy (Diki '31), Agung.
Subtitution: 
Diki, Riska, Nur, Rian.
Pelatih: Ari Budi S.

Bokap Fc starting line up:
Alvi (GK), Trian Janu, Nico Gocink, Dedy Tetong, Dhenny Jinggrink, Andi, Kiki, Indra (Febry Butut Sajojo '31)
Subtitution:
Febry Butut Sajojo, Darwanto, Aldi, Rully.
Pelatih: Dhanny KFC

Skor akhir: Akas Fc 2 - Bokap Fc 3.

Pencetak gol: 
Trian Janu '16, Andika '21, Trian Janu '24, Nico Gocink '28, Agung '50.

Man of the Match: Nico Gocink.


0 komentar:

Posting Komentar